Pages

Saturday, April 18, 2009

KPPU Masih akan Melihat Itikad Baik Microsoft

Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) mengharapkan untuk tidak terlalu tergopoh-gopoh dalam menyikapi tudingan yang menyebutkan Microsoft melakukan monopoli di Indonesia. Pasalnya, ada beberapa elemen yang masuk dalam kategori monopoli.


Dalam kasus penyematan OS Microsoft di setiap komputer, yang seakan-akan memaksakan, Komisioner KPPU Didik Akhmadi mengatakan, jika produsen ingin melakukan satu bundel dengan produk keluaran Microsoft, maka perusahaan tersebut harus ‘menjembataninya’ juga dengan sistem operasi yang lain. Sehingga, konsumen tidak merasa ada kesan dipaksa membeli OS itu.

Dia pun menyarankan, agar Microsoft mengetahui secara menyeluruh mengenai draft yang dibuat oleh KPPU. Karena menurut Didik, segalanya masih bisa digunakan, apalagi kalau ada itikad baik dari Microsoft.

“Ada perbedaan antara praktek monopoli dengan monopoli. Menurut saya, maka dari itu perlu dilihat secara ‘real’ atas apa yang terjadi di lapangan,” pungkasnya.

Kendati demikian, KPPU siap memangil Microsoft jika perusahaan tersebut memang melanggar. Tetapi tentunya, dengan tahapan yang ada, termasuk laporan yang masuk dari masyarakat.

“Saat ini KPPU belum menerima surat aduan. Tapi, kita siap melakukan panggilan jika memang diperlukan,” tandas Didik.

Sumber : http://www.okezone.com

No comments: